Rabu, 16 Juni 2010

TERBENTUKNYA BUMI

Dahulu Kala,13,7 miliar tahun yang lalu,alam semesta tercipta melalui sebuah ledakan energi padatyang berkumpul pada sebuah titik. Pengaruh ledakan ini masih terus berjalan dan meluas. Ledakan ini disebut "Big Bang" atau "Ledakan Besar".Segala sesuatu mulai terbentuk melalalui ledakan tersabut.
Ketika terjadi Big Bang, wan gas dan debu menyebar ke semua arah dan mulai berputa, kemudian membentuk galaksi-galaksi.
Bumi Terbentuk ketika terjadi ledakan ini.Awan gas dan debu yang berputar cepat semakin lama semakin mengecil, kemudian menjadi bentuk yang separuhnya terdiri dari cairan. Dalam peristiwa ini, bumi berbentuk seperti sebuah bola yang putaranyya sangat cepat dan mengandung batu-batu besar yang sangat panas, kemudian permukaanya menjadi dingin,kering,dan keras. Dikarenakan suhu di bumi menurun, maka uap tersebut menjadi tertekan dan berubah menjadi titik-titik air, kemudian turun menjadi hujan yang deras dan menjadi awal mula terbentuknya samudra.
Bumi berada pada urutan ke-3
dari segi jaraknya ke Matahari dan merupakan satu-satunya planet yang di dalamnya terdapat kehidupan. Jarak rata-rata antara Bumi dan Matahari adalah 150 juta km.
Jarak ini merupakan kondisi yang paling cocok sebagai syarat kehidupan. keliling orbit bumi terhadap matahari berjarak sekitar 940 juta km. Bumi bergerak pada orbitnya dengan kecepatan 108.000 km/jam atau 30 km/detik.

ATMOSFER

Lapisan Atmosfer yang membalut bumi terdiri dari gas dan uap. Campurannya terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen, dan 1% gas lainnya.Dengan adanya gas oksigen inilah kita bisa hidup di dalamnya.Fungsi Atmosfer adalah sebagai berikut:

-Menyaring efek buruk sinar Matahari.

-Mengandung gas0gas yang dibutuhkan oleh mahluk hidup.

-Mencegah jatuhnya meteor-meteor ke permukaan buma

-Mempersiapkan kondisi agar tercipta tercipta iklim yang sesuai bagi kehidupan.

lapisan-lapisan Atmosfer yaitu:

-TROPOSFER

-STRATOSFER

-MESOSFER

-TERMOSFER

-LONOSFER

-EKSOSFER

-MAGNETOSFER


Tahukah Kalian?

-GAYA GRAVITASI BUMI
Jika gaya gravitasi bumi lebih besar daripada yang seharusnya, maka di atmosfer bumi akan menumpuk lebih banyak amoniak dan metana yang akan menyebabkan kematian.Jika gaya tersebut lebih kecil daripada yang seharusnya,maka atmosfer bumi akan kehilangan banyak air sehingga kita tidak mungkin hidup di bumi lagi.

-JARAK BUMI KE MATAHARI
Jika jarak bumi ke matahari lebih jauh daripada jarak yang sebenarnya, maka planet kita akan menjadi sangat dingin sehingga menyebabkan zaman es. Jika jaraknya lebih dekat, maka planet kita akan terbakar sehingga kita tidak akan mungkin hidup di bumi.


Air terjun tertinggi di dunia:

-Air terjun Angel-Venezwela.

Sungai terpanjang di dunia:

-Sungai Nil Afrika

Gunung tertinggi di dunia:

-Puncak Everest-Asia

GURUN TERBESAR DI DUNIA
-Gurun Sahara-Afrika Utara dan Tenggara
Gunung Berapi terbesar di dunia:
-Gunung Mauna Loa-Hawaii
Goa terbesar di dunia:
-Goa Carlsbad-New Mexico, USA
Danau terbesar di dunia
-Danau Laun Kaspia-Asia Tengah.
Pulau terbesar di dunia:
-Pulau GreenlandAtlantik Utara


(Serial Ilmu Pengetahuan Populer Yudhistira)

1 komentar: